Kuliner Tembi

 

 

 

 

 

 

Nikmati makanan khas jawa dengan resep-resep spesial dari Tembi. Makanan tersaji prasmanan dan diakhir acara anda dapat bersama-sama membakar jagung dengan teman dan warga Tembi.

Kuliner khas/ asli TEMBI:

  • Sagon, merupakan panganan khas yang paling populer di TEMBI. Panganan ini terbuat dari tepung beras, kelapa dan gula.
  • Jamu dari gedang klutuk, panganan ini memiliki mitos dapat mengobati penyakit panas. Biasanya diberikan kepada anak-anak. Tetapi sekarang, panganan ini sudah jarang di temukan di TEMBI, kebanyakan ditemukan di pasar-pasar di daerah Bantul.
  • Bancakan, merupakan panganan/ sajen yang biasa disajikan pada upacara wiwitan, panganan ini biasanya terdiri dari nasi, gereh, labu siam, dan beberapa jenis lauk lainnya. Biasanya bancakan di doakan terlebih dahulu oleh pemimpin ritual kemudian dibagikan kepada semua orang yang mengikuti upacara wiwitan.

Kuliner terbaru yang digalakkan di TEMBI:

  • Lodeh , merupakan panganan yang digagaskan oleh para ibu PKK, diharapkan dapat dijadikan sebagai kuliner khas TEMBI.
  • BEBEK TeMBI adalah khas Tembi yang sudah turun temurun yang disajikan dengan rasa BEBEK Goreng, Bakar Manis, Bakar Ladaserta Rica Bebekdan Soup Bebek. EEEEnnak Tennannnn.
  • Bubur, panganan ini sebenarnya sudah cukup lama ada di TEMBI. Yang menjadi kekhasan dari bubur ini adalah, karena dibuat dari bahan dasar beras dan santan. Selain itu masih proses memasaknya, masih dilakukan secara tadisional, yaitu menggunakan kayu bakar dan gerabah dari tanah liat.
  • Wedang Rempah, atau secara harafiah berarti “minuman rempah” adalah minuman yang terbuat dari rempah dan berbagai rasa yang di sajikan yaitu: Jahe, Kunir Asem, Beras Kencur, Temulawak, Kopi Jahe, Kunir Putih. Dengan cara pembuatan yang mudah karena komposisi Gula Jawa (gula merah) yang di padukan dengan rempah-rempah tersebut, sehingga pembuatannya tinggal seduh untuk satu gula wedang rempah dengan 1(satu) gelas air panas atau mau dikasih es yang senang pakai es.